BAB III METODE PENELITIAN
Populasi target dan ukuran sampel
Populasi target adalah pelanggan dari delapan nama surat kabar yang terdapat pada enam Agen di Kotamadya Yogyakarta. Populasi (N) sebesar 5404. pelanggan. Besarnya jumlah sampel ditentukan dengan mengunakan rumus Solvin dengan ukuran sampel yang digunakan sebesar 107 Pelanggan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proposional sampling. Sedangkan untuk mengambil anggota sampel dari sub populasi dilakukan secara random.
Sumber data
Data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner yang terstruktur kepada pelanggan mengenai data atribut determinan, karakteristik demografi dan perilaku pelanggan, data kesamaan/ketidaksamaan dan data preferensi terhadap atribut determinan.
Data sekunder yang tersedia dalam laporan jurnal ilmiah (berupa hasil penelitian terdahulu) dan data pada enam Agen (data pelanggan ).
Definisi operasional variabel penelitian
Persepsi adalah penilaian individu mengenai tingkat kesamaan/ketidaksamaan diantara obyek yang merupakan stimuli.
Pereferensi adalah rangkaian obyek yang diberi penilaian sesuai atau mendekati kesesuaian dengan persyaratan yang dikehendaki pelanggan.
Posisi produk adalah letak produk-produk yang digambarkan secara geometrik dalam gambar dua dimensi.
Exploratory Research
Jenis penelitian yang dilakukan adalah ”ExploratoryResearch” yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat permasalahan yang terjadi selama ini dilapangan yang difokuskan pada prilaku pembaca Koran.
Analisis Data
1. Analisis MDS (Multidemensional scaling)
Analisis MDS adalah prosedur untuk mengambarkan persepsi dan preferensi konsumen dalam sebuah display.
2. Analisis Cluster
Dalam penelitian menggunakan prosedur hierarchical clustering untuk mengetahui kelompok yang terbentuk. Dengan metode alogmeratif, dilakukan dengan menyusun satu seri pengabungan obyek bergabung menjadi satu cluster.
3. Cross tabulasi
Tabel Kontingensi: Uji Independensi Chi square, Pengukuran asosiasi. meliputi koefisien kontigensi Cramer (V) dan koefisien kontingensi (C).
3. Analisis Preferensi
Modus urutan preferensi dan arah vektor
Hasil pengolahan komputer menampilkan modus urutan preferensi serta rata-rata ranking yang diduduki oleh surat kabar dari keseluruhan atribut determinan. Alat yang dapat mengambarkan arah vektor adalah program Systat.
0 comments:
Posting Komentar