Pages

Selasa, 23 November 2010

METODE PENELITIAN


BAB III METODE PENELITIAN

Populasi target dan  ukuran sampel
 Populasi target adalah pelanggan dari delapan  nama  surat kabar yang terdapat pada enam Agen  di Kotamadya  Yogyakarta.  Populasi (N) sebesar 5404. pelanggan. Besarnya jumlah sampel ditentukan dengan mengunakan rumus Solvin dengan ukuran sampel yang digunakan sebesar 107 Pelanggan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proposional sampling. Sedangkan untuk mengambil anggota sampel dari sub populasi dilakukan secara random.

Sumber data

 Data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner yang terstruktur kepada pelanggan mengenai data atribut determinan, karakteristik demografi dan perilaku pelanggan, data kesamaan/ketidaksamaan dan data preferensi terhadap atribut determinan.

         Data sekunder yang tersedia dalam laporan jurnal ilmiah (berupa hasil penelitian terdahulu) dan data pada  enam Agen (data pelanggan ).
Definisi operasional variabel penelitian
Persepsi adalah penilaian individu mengenai tingkat kesamaan/ketidaksamaan diantara obyek  yang  merupakan stimuli.
Pereferensi adalah rangkaian obyek yang diberi penilaian sesuai atau mendekati kesesuaian dengan persyaratan yang dikehendaki pelanggan.
Posisi  produk adalah letak produk-produk yang digambarkan secara geometrik dalam gambar dua dimensi.
Exploratory Research
Jenis penelitian yang dilakukan adalah ”ExploratoryResearch” yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat permasalahan yang terjadi selama ini dilapangan yang difokuskan pada prilaku pembaca Koran.

Analisis Data

1.      Analisis MDS (Multidemensional scaling)
         Analisis MDS adalah prosedur untuk mengambarkan persepsi dan preferensi konsumen dalam sebuah display.
2.      Analisis Cluster
Dalam penelitian menggunakan prosedur hierarchical clustering untuk mengetahui  kelompok  yang terbentuk. Dengan metode alogmeratif, dilakukan dengan menyusun satu seri pengabungan obyek bergabung menjadi satu cluster.
  3.  Cross tabulasi
         Tabel Kontingensi: Uji Independensi Chi square, Pengukuran asosiasi. meliputi koefisien kontigensi Cramer  (V) dan  koefisien kontingensi  (C).

3.      Analisis Preferensi 

Modus urutan preferensi dan   arah vektor

Hasil pengolahan komputer menampilkan modus urutan preferensi serta rata-rata ranking   yang diduduki oleh surat kabar dari keseluruhan atribut determinan.  Alat yang dapat mengambarkan arah vektor adalah program Systat.

0 comments: