Pages

Selasa, 23 November 2010

LANDASAN TEORI


Bab II Landasan Teori

Menurut Fandy Tjiptono (1997: 219), promosi adalah aktivitas yang berusaha menyebarkan
informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan
dan produknya. Tujuan berpromosi adalah
meningkatkan kesadaran akan merk (brand) dan citra (image) masyarakat terhadap produk
maupun perusahaannya.
Menurut (Kotler : 1997) penentuan posisi (positioning) adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehinggga menempati suatu proses kompetitif yang berarti dan berbeda dalam benak pelanggan sasarannya. 

Persepsi pelanggan
Jika perilaku konsumen secara individu dihubungkan dengan persepsi dan preferensi, maka dapat dikatagorikan dalam dua proses dasar (Fitz Roy : 1976) yaitu 1). Persepsi adalah penilaian individu mengenai tingkat kesamaan dan ketidaksamaan di antara obyek-obyek yang merupakan stimulus, 2).  Preferensi adalah rangkaian obyek yang diberikan penilaian sesuai atau mendekati kesesuaian dengan persyaratan yang dikehendaki konsumen.

 

Peneliti Terdahulu

     Rois Arifin  (1999) melakukan penelitian dengan judul Faktor - Faktor Yang   Menjadi  Pertimbangan Pelanggan Surat Kabar Surya di Kotamadya Malang.  Faktor-faktor yang dipertimbangkan sebanyak 11 faktor meliputi referensi konsumen, kepribadian, psikologis,  sosial, politik, kebudayaan produk, promosi, harga, distribusi dan pelayanan.  Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan berlangganan surat kabar.  Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis faktor.  Ukuran sampel sebesar 180 pelanggan.  Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling.  Hasil penelitian bahwa 11 faktor  yang dikemukan semuanya menentukan dalam berlanggan surat kabar harian Surya di Kotamadya Malang.

0 comments: