Pages

Rabu, 06 Oktober 2010

Analisa Perilaku Pembaca Surat Kabar Terhadap Jenis Berita dan Ruang Iklan di Surat Kabar


“Analisa Perilaku Pembaca Surat Kabar Terhadap Jenis Berita dan Ruang Iklan di Surat Kabar”
Studi Kasus : Surat Kabar Pikiran Rakyat


Latar belakang
Pada masa era globalisasi, masyarakat telah disediakan banyak pilihan didalam mencari
informasi berita ataupun iklan, bisa melalui media cetak maupun elektronik. Walaupun saat ini
internet memiliki keunggulan luas dalam penyebaran berita dan real time ke seluruh dunia,
namun media cetak (surat kabar) pada kenyataannya masih memiliki daya tarik yang cukup kuat
bagi masyarakat diseluruh dunia. Hal ini menandakan bahwa masyarakat masih menyukai
bentuk komunikasi yang seperti ini (konfensional), oleh
karenanya para produsen yang hendak menyampaikan ”informasi” berita maupun iklan kepada
masyarakat luas, berlomba-lomba memperebutkan halaman yang strategis pada setiap surat
kabar diseluruh dunia. Karena pada prinsipnya pada masing-masing halaman di suratkabar
tersebut, memiliki keutamaan atau daya tarik yang berbeda-beda, tentunya
tarif pemasangannyapun berbeda pula.
Dalam hal ini ada tiga pihak yang saling berkaitan diantanya:
1). Pihak surat kabar sebagai pemilik media penyedia ruang iklan
2). Pihak pemasang iklan sumber informasi (Perusahaan/individu)
3). Pihak pembaca surat kabar (sebagai penerima informasi)

Surat Kabar Pikiran Rakyat
Pikiran Rakyat (PR) berdiri sejak tahun 1966 hingga kini terus berkembang menjadi surat kabar terkuat di Jawa Barat dengan slogan ” Korannya orang Jawa Barat ” telah berhasil membawa image masyarakat Jawa Barat dalam cerminan isi berita maupun bentuk penampilan nya. Selain itu Pikiran Rakyat telah berhasil pula memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan informasi di lingkungan kehidupannya, baik yang ditampilkan dalam bentuk berita umum maupun sajian promosi/iklan dari berbagai produk yang diperlukan masyarakat.

Jenis Halaman Iklan Pada Surat Kabar Pikiran Rakyat
Surat Kabar Pikiran Rakyat  memiliki dua jenis halaman iklan yaitu:
1.      Iklan pada halaman”Biasa”(Display), bersifat exclusive berukuran bebas minimal seperempat halaman maksimal dua halaman penuh.
2.      Iklan pada halaman”Khusus-Iklan” iklan mini-baris ukuran kolomnya kecil 8x3cm, dengan display tulisan 2-3 baris dan sedikit gambar.

Berdasar pada permasalahan tersebut selanjutnya akan dilakukan penelitian secara mendalam untuk mengetahui :

•  Bagaimana perilaku pembaca surat kabar Pikiran Rakyat ketika mereka membaca surat kabar tersebut
•  Sejauhmana informasi berita dan iklan yang diditampilkan surat kabar Pikiran Rakyat  dapat difahami dan diingat oleh pembacanya.
•  Rubrik apa yang paling sering dibaca dan diperhatikan oleh pembaca   Pikiran Rakyat serta berapa lama mereka membaca setiap rubrik yang ada di surat kabar Pikiran Rakyat tersebut.

Research Objective
Untuk mengetahui Prilaku pembaca surat kabar Pikiran Rakyat ini dilakukan
1)   Exploratory Research,
2)   Focus Group Discussion dan
3)   penyebaran kuesioner
terhadap konsumen surat kabar Pikiran Rakyat yang bertujuan untuk:
1.     Mengetahui perilaku pembaca surat kabar Pikiran Rakyat di daerah
Kota Bandung dan sekitarnya ketika mereka membaca surat kabar.
2.  Mengetahui ”topik” apa saja yang paling lama dibaca (disukai) dan     jenis iklan yang seperti apakah yang mendapatkan perhatian lebih dari para pembaca surat kabar Pikiran Rakyat, agar dapat membantu pihak Pikiran Rakyat dalam penetapan harga iklan di Pikiran Rakyat dan image dari iklan yang terdapat di setiap halaman
3.  Membantu memberikan gambaran baru bagi para pemasangan iklan di surat kabar Pikiran Rakyat dalam  memilih ruang/halaman yang banyak dilihat Pembacanya.

Exploratory Research
Jenis penelitian yang dilakukan adalah ”ExploratoryResearch” yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat permasalahan yang terjadi selama ini dilapangan yang difokuskan pada prilaku pembaca koran Pikiran Rakyat di Bandung. Pengamatan dilakukan diwilayah kampus Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, UNISBA dan UNIKOM,  juga dilakukan di kantor Pikiran Rakyat.

Pelanggan Surat Kabar Pikiran Rakyat Sebagai Informan
Mengingat luasnya pokok pembahasan perilaku pembaca surat kabar Pikiran Rakyat, dalam penelitian ini hanya akan mengambil sampel dari pelanggan tetap surat kabar Pikiran Rakyat dengan variasi usia pembaca (responden) antara 20 tahun hingga 55 tahun. Berdomisili di daerah Kotamadya Bandung dan telah berlangganan surat kabar Pikiran Rakyat lebih dari satu tahun, maksudnya agar dapat diasumsikan bahwa pernyataan atau opini yang mereka sampaikan secara utuh dapat dipertanggung-jawabkan.


Temuan
Lima dari delapan responden yang diwawancara memiliki perilaku yang sama terhadap surat kabar Pikiran Rakyat, yaitu membaca berdasarkan halaman paling depan sampai halaman paling belakang, dengan rata-rata waktu membaca koran sekitar 15-30 menit.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah performance desain tata letak surat kabar Pikiran Rakyat saat ini, dinilai responden sudah bagus. Alur topik antar halamannya memudahkan pembaca untuk mencari berita dan iklan.
Ada tiga gaya perilaku pembaca (responden) dalam membaca surat kabar Pikiran Rakyat :
1). Membaca secara berurutan dari halaman depan kebelakang.
2). Membaca surat kabar dari halaman belakang  kemudian ke halaman depan.
3). Membaca dari halaman iklan ke berita.
Faktor yang mempengaruhi prilaku tersebut adalah:
“Kebutuhan dan Motivasi” dari masing-masing orang pada situasi yang berbeda-beda, akan melakukan tindakan yang berbeda pula.
     Suasana ruang, waktu dan tingkat kepentingan “Urgency ”(tinggi-rendah) akan menentukan tindakan pembaca didalam mencari topic atau halaman yang dimaksud. Dilain pihak bagi para pemasang iklan, perlu lebih cermat mengetahui kecenderungan prilaku pembaca surat kabar dalam mencari informasi berita. Pembaca akan menyerap informasi iklan yang diterbitkan surat kabar Pikiran Rakyat secara selektif disesuaikan berdasar pada keperluannya dan bila informasi yang ditemukannya menjadi penting ada kecenderungan mereka akan menyimpan iklan yang mereka butuhkan-butuhkannya Tersebut.
READ MORE - Analisa Perilaku Pembaca Surat Kabar Terhadap Jenis Berita dan Ruang Iklan di Surat Kabar