Pages

Selasa, 23 November 2010

PENDAHULUAN



“Analisis Pembaca Surat Kabar Terhadap Isi Berita di dalam Surat Kabar”


BAB 1 PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam Era Teknologi Informasi seperti sekarang peran suratkabar sangat penting dalam hal penyediaan informasi  pada umumnya surat kabar menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Hal ini menandakan bahwa masyarakat masih menyukai
bentuk komunikasi yang seperti ini (konfensional), oleh
karenanya para produsen yang hendak menyampaikan ”informasi” berita maupun iklan kepada
masyarakat luas, berlomba-lomba memperebutkan halaman yang strategis pada setiap surat
kabar diseluruh dunia.

Hal ini akan menjadi peluang bagi industri surat kabar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen tentang informasi. Semakin berkembangnya peredaran surat kabar, tentunya menimbulkan konsekuensi bagi para pelaku bisnis surat kabar untuk memenangkan persaingan.      Menyadari adanya persaingan yang cukup tajam, industri surat kabar  dituntut untuk mampu memiliki keunggulan sehingga dapat tetap bertahan bahkan berkembang dalam persaingan. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui posisi  surat kabar harian berdasarkan persepsi pelanggan (2) mengetahui pengelompokan surat kabar harian berdasarkan persepsi pelanggan (3) mengetahui ada ketergantungan karakteristik demografi dan perilaku pelanggan dengan pengelompokan surat kabar yang terbentuk (4)  mengetahui preferensi pelanggan berdasarkan atribut determinan surat kabar  (5) sebagai informasi yang akurat untuk para pebisnis surat kabar.


0 comments: